jump to navigation

Berhasil Naik Peringkat, Hobi Gambar Mesin Serba Rumit 4 May 2009

Posted by Kangsata in Berita Almamater.
trackback

Kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda. Tampaknya pepatah ini pantas disematkan pada Dani Setiawan. Siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMKN 1 Cibinong ini  juara ketiga pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Jawa Barat.

LEGA. Perasaan inilah yang dapat menggambarkan suasana hati  siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMKN 1 Cibinong Dani Setiawan. Sebab, pada kesempatan terakhir di ajang  Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Jawa Barat, anak bungsu dari dua bersaudara itu berhasil meraih juara tiga kategori Computer Aided Design and Drawing Machine (CADD).

Peringkat ini lebih baik ketimbang tahun lalu. Ketika itu ia harus puas berada di peringkat lima. ”Saya bangga dengan keberhasilan ini. Apalagi, lomba kemarin adalah kesempatan terakhir karena saya sudah duduk di kelas tiga,” ujarnya.

Apa sih CADD? Menurut pria yang hobi membaca itu, CADD adalah aktivitas merancang mesin. ”Dulu menggambar masih manual, sekarang sudah menggunakan komputer. Masyarakat bisa melihat gambar tiga dimensi,” kata pria kelahiran Sukoharjo 8 Desember 1990 itu.

Dani mengaku semakin bersemangat jika harus menggambar mesin yang rumit. Contohnya karburator yang memiliki banyak rongga. Makanya, untuk mahir menggeluti CADD maka diperlukan keahlian menggambar. ”Makin rumit, saya suka banget tuh,” ujarnya.

Pada LKJ kemarin, Dani ditantang menggambar mesin bubut, yakni mesin menyayat besi. ”Komponen mesin dirakit, dibongkar, diukur, lalu digambar,” kata putera pasangan Tukino dan Wijayanti itu.

Meski materi lomba tahun ini lebih sulit, Dani mengaku tak panik dan mampu menguasai diri. Apalagi ia sudah getol berlatih tiap pulang sekolah untuk mempersiapkan diri menghadapi lomba. ”Karena sudah pernah berpengalaman mengikuti LKJ, saya sudah tahu lapangan,” kata pria yang bermoto Hidup Adalah Tantangan Maka Hadapilah Walau Berat Tantangannya.

Selanjutnya, Dani berencana mewujudkan cita-citanya sebagai drafter mesin (juru gambar mesin). Harapan itu tampaknya segera terwujud. Apalagi, ia sudah diterima bekerja di perusahaan swasta. (*)

Sumber : Radar Bogor

Comments»

1. starluvhie - 29 June 2010

tetep semangaadd ….
biar kuliah d kampus terbaik nantinya
^_^

2. hansen handoko - 2 October 2010

hha..saya jg suka gambar robot yg rumit…
saya merasa tertantang jk menggambar robot karena strukturnya yg kaku dan penuh detail rumit namun pass..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: